Friday, October 30, 2009

Menampilkan HTML Kedalam Postingan Blogspot

Menampilkan kode HTML pada postingan cukup sulit dilakukan buat kita yang tidak mengetahui caranya. Beberapa bulan yang lalu saya pernah mencoba sharing cara memasang meta tag di blogspot, setelah panjang lebar saya uraikan caranya dan pada saat saya preview ternyata kode HTML yang saya sertakan disitu tidak muncul. Waktu itu saya kaget banget, kenapa ya?? setelah beberapa kali saya coba utak-atik akhirnya saya nyerah dan terpaksa bertanya sama "mbah"nya alias "mbah google" dan ketemu penyebabnya. ternyata untuk posting HTML di blog kita ada aturan tertentu. yaitu dengan merubah beberapa simbol/karakter dengan kode-kode(notasi) tertentu yang sudah ada aturannya.

Waktu itu saya menemukan cara yang manual, jadi kita harus mengganti satu persatu dan yang pasti rasanya lama banget harus sabar mengubah karakternya satu persatu.
Tapi sekarang saya sudah mendapatkan cara baru yang lebih mudah dan pasti lebih cepat, yaitu:
1. masuk ke link ini http://centricle.com/tools/html-entities/
2. masukkan kode HTML yang akan kita posting tadi
3. klik "encode"
4. hasilnya sudah muncul dan tinggal copy paste ke postingan kita saja.
Mudah bukan?! OK selamat mencoba!
NB: bila ada yang kesulitan mencoba silaahkan ditanyakan di kolom comment, saya akan berusaha membantu sebisa saya.

By,Cho