Tuesday, September 22, 2009

Memasang Meta Tag di Blogspot

Dua bulan sudah saya coba buat mengakrabkan blog saya ke 'om google'. Berbagai cara sudah saya coba, dan ini salah satu cara yang baru saya dapat dari teman yaitu memasang meta tag pada blogspot sehingga blog kita lebih akrab atau umumnya disebut lebih SEO friendly dimata search engine. Pada dasarnya banyak meta tag yang bisa dipakai tapi umumnya dan yang lebih dikenali oleh search engine hanya tiga yaitu: meta tag description, meta tag keywords, dan meta tag robots. Berikut akan saya coba jelaskan fungsi dari masing-masing meta tag yang akan kita pasang di blog.

1. Meta Tag Description
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman blog kita. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan.
Beberapa search engine seperti semisal Google tidak memakai meta tags descripition sebagai acuan hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut. Itulah sebabnya kenapa disarankan agar kita menggunakan isi dari meta tag description sebagai kalimat pembuka.


2. Meta tag Keywords

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman blog tersebut pada search engine. Penulisan Meta keyword biasanya dipisahkan dengan tanda koma. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming.
 Yang tidak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman blog kita. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan blog kita memuat informasi mengenai pariwisata di Bali, jangan sekali-kali menambahkan “MP3″ atau “Britney Spears” sebagai keyword hanya karena keyword-keyword ini merupakan keyword favorit di internet dan banyak dicari orang. 

3. Meta Tag Rotbots

Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman blog yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman blog mana yang tidak. Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini:

<meta content="INDEX, FOLLOW" name="ROBOTS">

Atau jika anda Menginginkan robot untuk menyingkir dan tidak melakukan index halaman manapun dari situs/blog kita. sintaxnya adalah:
<meta content="NOINDEX, NOFOLLOW" name="ROBOTS">
 

Dari penjelasan diatas bisa kita tahu kegunaan masing-masing syntax meta tag sehingga kita bisa menentukan/membuat meta tag yang sesuai untuk blog kita. Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan dari cara ini apalagi apabila ada yang ingin mendapatkan hasil yang instant.

Berikut adalah format dari meta tag nya:

<meta content="Tulis deskirpsi disini" name="description">

<meta content=’keyword1 keyword2 keyword3 …‘ name=’keywords‘>

<meta content=’INDEX, FOLLOW’ name=’ROBOTS’>

Jangan lupa ganti tulisan yang berwarna merah sesuai dengan isi blog kamu. Dan Meta tag ini biasanya diletakkan di  bawah script:

<title><data:blog.pagetitle/></title>
Yang ada pada HTML.

Selamat mencoba!

By, Cho