Friday, October 23, 2009

Internet Marketing

Dalam dunia internet marketing, pada dasarnya ada tiga jenis internet marketing yaitu:
1. Ads Marketing
2. Affiliate Marketing
3. Menciptakan Product
dari ketiga jenis internet marketing diatas pada dasarnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dengan kondisi kita.

Untuk point pertama yaitu Ads Marketing sangat cocok buat kamu yang hoby menulis dan membuat blog, sehingga blog tersebut bisa mendatangkan banyak pengunjung atau dalam dunia internet marketing biasa disebut traffic yang selanjutnya kita bisa memasang iklan dari penyedia jasa pemasangan iklan semisal Google adsense, google adsense camp, kumpul blogger, dan masih banyak lagi yang lain. Pada umumnya sistemnya adalah Pay Per Click (PPC), sebagai contoh iklan yang kita pasang dari Adsense Camp kita akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 300/unik click. Sebagai ilustrasi jika kita mampu mendatangkan 1000 visitor ke blog kita dalam satu hari dan kita anggap 10% dari visitor tersebut mengklik iklan dari adsense camp, maka kita mendapatkan komisi sebesar Rp. 30.000. Dan itu bila hanya 10% yang mengklik, bagaimana jika lebih? belum lagi jika kita memiliki beberapa blog serupa dengan traffic yang sama, maka tinggal dikalikan saja.
Yang kedua adalah Affiliate Marketing. Yang satu ini cocok dijalankan untuk orang yang tidak mau repot-repot membuat blog/website sendiri. jadi cukup membeli sebuah produk yang bisa mendapatkan hak reseller dan untuk selanjutnya dia menjual ulang produk tersebut dan mendapatkan komisi. Besarnya komisi yang diberikan bervariasi, ada yang 25% hingga 50%. Banyak yang mengatakan dengan Affliate Marketing bisa mendapatkan hasil yang cukup lumayan dengan waktu yang relatif singkat. umumnya setelah kita membeli produk kita akan mendapatkan URL affiliasi yang untuk selanjutnya jika ada yang membeli produk dari URL affiliasi tersebut maka yang bersangkutan memdapatkan komisi yang telah disepakati. Untuk bisa lebih memaksimalkan penghasilan sebagai affiliate marketing biasanya mereka mengiklankan URL affiliasinya ke berbagai iklan gratis. Selanjutnya tinggal menunggu pembeli datang, cukup mudah bukan?!.
Ketiga, Menciptakan pruduct. Dari ketiga jenis internet marketing diatas iniliah yang bisa menghasilkan uang paling besar. Namun untuk menciptakan sebuah produk untuk dijual secara online tidak gampang, kita harus benar-benar memiliki pengetahuan yang cukup akan product tersebut. Biasanya setelah 6 bulan mempelajari internet marketing dengan serius, kita bisa menciptakan sendiri product untuk dijual. Mengenai penghasilan, saya bisa mengatakan bahwa cara ketiga ini bisa mendatangkan penghasilan paling besar karena kita mendapatkanpenghasilan penuh saat kita bisa menjual pruduk tersebut. Selain itu kita juga tetap mendapatkan penghasilan pada saat affiliate kita mampu memasarkannya.
Nah, dari penjelasan diatas kita bisa memilih untuk saat ini point mana yang cocok buat kita. Kelebihan dan kekurangan suatu cara itu bersifat relatif. Si A bisa mengatakan bahwa cara pertama yang paling efektif, sedangkan si B mengatakan point kedua yang aling efektif demikian juga si C. Jadi masing-masing orang bisa menilai suatu cara itu paling bagus karena cara tersebut sesuai dengan kondisi dan kemampuannya. Tinggal sekarang point mana yang kira-kira paling sesuai utnuk anda jalankan? silahkan Pilih sendiri.

By, Cho