Tuesday, October 13, 2009

Cara Mudah Memulai Bisnis Online

Sebulan terakhir saya begitu berminat untuk mencoba menggeluti dunia bisnis online, dan langsung saja saya coba membuat beberapa blog baik di wordpress maupun di bogspot. Selanjutnya saya browsing sana sini kira-kira bisnis apa saja yang bisa saya jalankan secara online. Mulai dari PTC, PPC, Reseller dan masih banyak lagi. dan saya pun coba untuk mengikuti semuanya, mulai dari komisi gratis, adsense, dan masih banyak lagi bahkan sampai tidak ingat usernamenya.
Tapi dari sekian banyak jenis bisnis online yang bisa dijalankan, saya paling suka dengan sistem bisnis affiliasi. karena dengan menjadi seorang affiliate marketing yang memiliki hak reseller dari sebuah produk maka kita bisa menjual produk tersebut tanpa bingung bagaimana cara membuatnya.

Sebagari contoh yang pernah saya alami, saya membeli sebuah produk bisnis online dan akhirnya memiliki hak reseller dengan komisi hingga 50%. Kemudian link affiliasi tersebut tinggal saya iklankan di beberapa iklan baris dan blog saya. Hasilnya? seminggu pertama akhirnya pecah telor alias produk tersebut terjual melalui link affiliasi saya. Yah, walaupun hanya terjual sekali dalam seminggu tapi saya cukup bersyukur karena ini adalah permulaan. Tapi setelah pecah telur pertama selanjutnya begitu mudah, walaupun tidak sebesar dan se-fantastis yang selalu digembar-gemborkan orang pada umumnya penghasilan saya cukup lumayan untuk kelas newbie yang baru 2 bulan menggeluti dunia blogging dan bisnis online.
Akhirnya saya coba bertanya dalam diri sendiri, apa sebenarnya yang ada di dalam produk yang saya pasarkan tersebut? karena selama seminggu pertama saya tidak pernah mendownload produk tersebut apalagi membacanya. Ternyata isinya berupa panduan dan tutorial cara memulai bisnis online hingga berhasil. Bahkan tidak tanggung-tanggung, dalam produk tersebut juga disertakan tutorial sekaligus script untuk membuat website bisnis yang sistem kerjanya serupa dengan aslinya. dan masih banyak script yang lain misal script untuk membuat iklan baris, script toko online dan masih banyak lagi yang lain.
Tapi saya tidak mau gegabah, untuk saat ini saya akan berusaha memulai dari step paling awal yaitu menjual produk tersebut melalui link affiliasi saya sambil saya mempelajari keseluruhan isi dari produk bisnis tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat saya bisa secepatnya mengusai ilmunya dan bisa memiliki bisnis reseller sendiri.
Buat kamu yang merasakan hal yang sama seperti yang pernah saya alami (bingung darimana memulai sebuah bisnis online) coba saja miliki produk bisnis ini, dan gunakan hak resellernya semaksimal mungkin hingga kita bisa memiliki bisnis reseller sendiri ataupun bisnis online yang lain dari penghasilan kita menjual ulang produk bisnis ini.

Selamat mencoba!!

By, Cho