Sunday, November 1, 2009

Cara Cepat Edit HTML template Blog

Mengedit HTML blog sering kita lakukan pada saat kita ingin menambahkan sesuatu dalam blog kita terutama banner, atau bisa juga memasukkan kode tertentu misal meta tag dengan tujuan agar blog kita lebih mudah dikenali oleh search engine. Yang jelas apapun tujuan kita melakukan editing HTML template, kita harus melakukannya pada bagian atau posisi yang tepat. Nah untuk melakukannya biasanya kita memiliki acuan untuk meletakkan/mengedit sript tertentu yang posisinya diatas/dibawah dari script tertentu.

sebagai contoh pada postingan saya memasang meta tag di blog kita maka kita harus meletakkan meta tag tersebut pada posisi yang sudah ditentukan yaitu dibawah script <title><data:blog.pagetitle/></title>
nah, buat para pemula utnuk mencari script diatas tidak mudah apalagi bila dilakukan secara manual dengan memeriksa baris demi baris script HTML templatenya, bisa sehari baru selesai.
Nah pada postingan kali ini saya akan share cara yang biasa saya gunakan untuk menemukan kode/script tertentu yang ada di HTML template kita:
1. masuk ke account blog kamu
2. pilih tata letak dan masuk ke edit HTML.
3. letakkan kursor di sembarang tempat pada HTML template kita
4. tekan control F dan akan muncul kolom dibagian bawah layar tempat kita memasukkan script/kode yang kita cari. Selanjutnya tinggal melakukan editing yang sudah kita rencanakan.

Selamat Bekerjan sukses selalu!

By cho