Tuesday, June 9, 2009

Tutorial Membuat Blog di Blogspot

Klik disini untuk download versi PDF
Mungkin sudah banyak sekali yang memiliki blog sendiri baik di blogspot maupun di wordpress atau yang lain. Postingan kali ini khusus buat kamu yang masih baru dibidang internet dan ingin membuat blo di blogspot, mulai dari awal hingga selesai. Ok mari kita langsung saja!

1. sebelum membuat blog di blogspot (blogger.com) kita harus memiliki email di gmail.com. klik sign up dan isi semua data-data kamu termasuk alamat email yang diinginkan. Setelah selesai jagan lupa dicek dengan cara loggin (sign-in) ke email kamu. dengan memiliki email di gmail ini berarti kita sudah memiliki account di google.
2. membuat accaout di blogger.
buka www.blogger.com di tab baru, Pilih bahasa sesuai keinginan kamu (jika lebih suka bahasa inggris juga boleh, tapi untuk tutorial kali ini saya akan gunakan yang berbahasa indonesia karena saya orang indonesia tulen) kemudian masukkan account google kamu (sama dengan account emaildi gmail kamu) danjangan lupa untuk memasukkan passwordnya. dan klik Masuk.
3. Isi form yang tersedia dengan benar mulai alamat email (gmail), nama dan nama tampilan di blog (contoh blog ini nama tampilannya "cyber cho")
jangan lupa centang kotak persetujuannya dan klik panah selanjutnya.
4. Memberi nama blog. isi kolom judul blog dan alamat blog yang kita inginkan jangan lupa cek dulu ketersediaan alamat blog tersebut jika alamat tersebut memang masih tersedia silahkan klik panah
"selanjutnya"
5. Pilih Template. sebaiknya lewati saja langkan ini karena template yang ada disini hanyalah template klasik bawaan blogger dan langsung klik panah selanjutnya. Nanti kita bisa download template sesuka hati. banyak sekali yang menyediakan template blogspot baik yang gratis maupun yang berbayar caranya tinggal ketikkan "template blogspot gratis" di search engine google.
dan SELAMAT Blog telah berhasil dibuat selanjutnya untuk ngetest blog anda langsung klik tab POsting dan isi dengan artikel apa saja, bisa copy paste dari manapun atau bisa tulis sendiri (ini hanya percobaan untuk postingan pertama kamu). setelah selesai mengisi postingan klik "terbitkan". Untuk melihatnya klik tulisan LIhat Blog.
6. Mengganti template Blog. Untuk menggantinya kita perlu menyiapkan dulu template yang akan kita pasang yang kita dapat dari mendownloadnya (seperti sudah dijelaskan diatas). Bila sudah siap, di account blog kita masuk ke Tata letak dan pilih edit HTML, Upload template yang kita siapkan  dengan cara mengeklik 'telusuri' bila sudah ketemu klik unggah, setelah berhasil mengupload template kita biasakan untuk preview templat yang baru kita pasang dengan mengekli "pratinjau". dan yang terakhir jangan lupa klik simpan template di bagian kanan bawah.
7. Blog sudah selesai dan bisa isi dengan apa saja sesuai dengan tujuan awal kita membuat blog
NB: Bila ada yang kesulitan mencoba silahkan ditanyakan di kolom comment yang ada di bawah postingan ini. saya siap membantu sebisa saya.

By, Cho