Wednesday, June 10, 2009

Melindungi Blog dari Copy Paste (copas)

Saya yakin buat kebanyakan orang merasa gerah jika hasil karyanya dalam bentuk artikel blog/postingan di copy paste (copas) orang lain. Karena setiap kali kita menulis artikel dalam bentuk postingan merupakan hasil curahan pikiran kita kadang juga memerlukan waktu yg cukup lama serta kadang diperlukan pengorbanan dalam bentuk materi (terutama buat kita yang online lewat warnet), sedangkan buat orang yang hobynya copas tinggal buka, copy kemudian paste di blognya, paling bagus diedit-edit sedikit.


Nah untuk mengatasi hal seperti itu mulai sekarang ada pencegahannya agar tulisan kita tidak di copas orang lain, (seperti blog saya ini!) tapi sebenarnya buat blogger kelas kakap cara ini masih bisa diakali tapi setidaknya cara ini bias kita gunakan untuk melindungi blog atau tulisan kita dari blogger pemula. Nah, seperti apa caranya? Berikut step2nya:
1. Yang pasti login dulu ke account blog kamu.
2. Buka dashboard, lalu pilih tata letak.
3. Berikutnya pilih edit HTML.
Langkah 1-3 diatas sama seperti pada saat kita akan mengedit template.
4. Cari sript <data> dalam HTML template kamu, biasanya setelah script <head>
5. Berikutnya masukkan script berikut di belakang script
onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"


6. Setelah itu simpan perubahan (save), dan lihat hasilnya! Cling…..!
Tetapi cara ini ada nilai kurangnya yaitu jika ada yang ingin membuka link yang ada di blog kita sedangkan kita tidak setting link tersebut untuk terbuka pada tab baru (‘target: blank’) maka
link tersebut akan menutupi atau mengganti posisi blog kita dengan kata lai blog kita tertutup halam link tersebut. Atau lebih ringkasnya blog kita tidak bisa di copas karena tidak bisa di klik kanan.
Untuk lebih jelasnya lagi silahkan klik-klik saja blog saya ini. Selamat mencoba!